Sabtu, 06 Juni 2015

PENGOBATAN SINSHE

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR    ...............................................i
DAFTAR ISI    1
BAB I PENDAHULUAN    2
1.1    Latar Belakang    2
1.2    Rumusan Masalah    2
1.3     Tujuan    3
       1.4       Manfaat    3
BAB II PEMBAHASAN    4
2.1       Pengertian Pengobatan Sinshe    ..........................4
2.2       Macam-macam Obat Herbal Sinshe    4
2.3       Keunggulan Pengobatan Sinshe    10
BAB II PENUTUP    ...............................................12
DAFTAR PUSTAKA    13











BAB I
PENDAHULUAN


1.1       Latar Belakang
Praktisi pelayanan kesehatan tradisional Tionghoa Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan “sinshe” sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Hal ini tidak mengherankan, sebab menurut penelusuran pakar dan peneliti dari Depkes RI, dr. Benyamin Lumenta, keberadaan ahli pengobatan China sudah ada sejak tahun 1640 di Batavia (B. Lumenta, 1989).
Pada umumnya sinshe Indonesia memperoleh keterampilannya secara turun temurun, atau melalui pendidikan nonformal/kursus. Sebagian kecil memperoleh keahliannya melalui pendidikan formal di perguruan tinggi TCM di luar negeri (China, Australia, dll.).
Berdasarkan amanat UU No.36 tahun 2009 tentang Kesehatan, pelayanan kesehatan tradisional merupakan salah satu dari upaya pelayanan kesehatan yang perlu dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. Organisasi yang menghimpun sinshe di Indonesia adalah Ikatan Naturopatis Indonesia (disingkat IKNI) yang berdiri tahun 1975. Sejak berdiri, IKNI telah dibina oleh Kementerian Kesehatan RI dan bermitra dengan Kementerian Kesehatan RI dalam pembinaan para sinshe. Selain melakukan pembinaan para sinshe yang memberikan pelayanan pengobatan tradisional Tionghoa kepada masyarakat, IKNI juga mengadakan kursus dan pelatihan di bidang ilmu sinshe sejak tahun 1985
1.2       Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang kami buat, maka dapat kami tarik rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apa itu yang dimaksud dengan pengobatan Sinshe?
2.      Apa saja macam-macam obat herbal Sinshe?
3.      Apa keunggulan pengobatan herbal Sinshe?

1.3       Tujuan penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari pengobatan Sinshe
2.      Untuk mengetahui macam-macam obat herbal Sinshe
3.      Untuk mengetahui keunggulan dari pengobatan herbal Sinshe

1.4       Manfaat penulisan
1.      Agar kita mengetahui pengertian dari pengobatan Sinshe
2.      Agar kita mengetahui macam-macam obat herbal Sinshe
3.      Agar kita mengetahui keunggulan dari pengobatan herbal Sinshe


     
BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pengertian Pengobatan Sinshe
Pengobatan sinshe fengshui adalah metode pengobatan yang memadukan obat obatan herbal berkhasiat tinggi dengan resep pengobatan Cina Kuno yang telah berusia ribuan tahun dan pedoman fengshui yang menyeimbangkan lima unsure alam ( kayu,api, tanah, logam, air).
Pada dasarnya, segala proses dalam tubuh manusia berhubungan atau berinteraksi dengan lingkungan. Karena itu penyebab penyakit yang sesungguhnya adalah ketidakharmonisan antara lingkungan sekitar dengan proses dalam tubuh seseorang. Sehingga untuk memperoleh kesembuhan, yang diperlukan hanyalah menyeimbangkan antara proses dalam tubuh dengan lingkungan di luar tubuh.

2.2       Macam-macam Obat Herbal Sinshe
Obat herbal Sinshe tersedia sangat banyak dan dapat menyembuhkan berbagai macam  penyakit tetapi dalam makalah yang telah kami tulis hanya akan membahas 10 contoh pengobatan sinshe yaitu :
1.      Herbal Sinshe Aromaterapi
Herbal Sinshe Aromaterapi adalah paket aromaterapi Herbal yang berkhasiat untuk menenangkan pikiran, menyembuhkan berbagai penyakit atau gangguan kesehatan, menghilangkan stress, melunturkan energi negatif dan mengembalikan kebugaran tubuh lewat aroma wanginya yang mengalirkan energi spiritual tersendiri. Setiap paketHerbal Sinshe Aromaterapi berisi tungku aromaterapi, lilin aromaterapi dan minyak aromaterapi
Herbal Sinshe Aromaterapi termasuk dalam metode Pengobatan Sinshe Fengshui yang menggunakan uap minyak Herbal khusus sebagai media penyembuhan. Minyak Herbal dan lilin khusus yang disertakan merupakan hasil racikan istimewa yang diramu dari berbagai sari tanaman berkhasiat. Sehingga hasilnya,Herbal Sinshe Aromaterapi bermanfaat untuk:
a.       Meringankan stress
Ini merupakan salah satu manfaatHerbal Sinshe Aromaterapi yang paling populer, yaitu untuk menghilangkan tekanan atau beban pikiran. Bila dibiarkan, stress yang bertumpuk dapat berubah menjadi penyakit. Selain menenangkan jiwa dan pikiran, herbal sinshe aromaterapi juga ampuh menghilangkan kecemasan berlebih dan mengurangi amarah serta menstabilkan emosi
b.      Menghilangkan depresi
Herbal sinshe aromaterapi merupakan produk racikan alami, sehingga tidak memiliki efek samping apapun yang biasanya dimiliki antidepresan farmasi (obat-obatan)
c.       Meningkatkan memori
Bila digunakan secara teratur, herbal sinshe aromaterapi dapat meningkatkan kemampuan mengingat seseorang. Terutama bagi anda yang memiliki beban pekerjaan cukup tinggi atau telah berusia lanjut.
d.      Meningkatkan kemampuan fisik
Penggunaan herbal sinshe aromaterapi dapat meningkatkan kemampuan fisik seseorang secara keseluruhan karena berfungsi meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan tenaga atau energy, merangsang tubuh dan fikiran serta memaksimalkan kerja otak.
e.       Menyembuhkan berbagai penyakit dan memulihkan kesehatan
Energy penyembuhan yang terkandung dalam aroma wangi herbal sinshe aromaterapi memapu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka atau penyakit secara alami. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan herbal sinshe aromaterapi, aliran oksigen dan peredaran darah ke daerah luka menjadi semakin lancar.
f.       Mengobati sakit kepala
Herbal sinshe aromaterapi merupakan solusi tepat untuk menghilangkan seklaigus mencegah sakit kepala. Terlebih jika sakit kepala tersebut disebabkan karena stress dan kecemasan berlebih. Migraine juga dapat dibantu penyembuhannya dengan herbal sinshe aromaterapi.
g.      Mengatasi insomnia
Insomnia atau sulit tidur bisa mengakibatkan dan memperburuk sejumlah gangguan kesehatan. Juga dapat mengakibatkan lesu dan kelelahan. Dalam hal ini, herbal sinshe aromaterapi membantu mengatasi gangguan insomnia secara alami.
h.      Memperkuat system kekebalan tubuh
Mencegah lebih baik daripada mengobati, inilah salah satu fungsi herbal aromaterapi. Energy penyaembuhannya dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan melindungi anda dari sejumlah penyakit serta infeksi.
i.        Menghilangkan rasa nyeri
Herbal sinshe aromaterapi  dibuat dari bahan khusus yang memiliki khasiat analgesik, sehingga dapat menghilangkan rasa nyeri.
j.        Memperlancar pencernaan
Sejumlah masalah pencernaan dapat disembuhkan dengan herbal sinshe aromaterapi, seperti sembelit, kembung, maag dan lain sebagainya.
2.      Herbal Sinshe Sambiloto
Sambiloto merupakan tanaman obat diabetes yang dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 90 sentimeter. Tanaman sambiloto digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), meluruhkan asam urat, menurunkan panas badan( antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan membantu menetralkan racun. Kandungan kalium dalam tanaman sambiloto juga berkhasiat menurunkan tekanan darah.
3.      Herbal Sinshe Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya yang lazim digunakan sebagai bahan baku kosmetik secara alamiah mengandung aloin, emodin, gum, dan minyak atsiri. Dengan kandungannya tersebut tanaman lidah buaya bermanfaat untuk mengobati sakit kepada, sembelit, kejang, kurang gizi, betuk rejan, muntah darah, kencing manis, wasir, dan membantu menyembuhkan luka bakar serta mengurangi imfeksi.
4.      Herbal Sinshe Pare
Buah pare atau paria telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional cina, aryuveda, brasil dan meksiko sebagai obat diabetes. Umumnya, daun dan buah pare ditumbuk dan diperas untuk diambil jusnya. Jus tersebut kemudian diminum secara langsung. Sebagai alternative, mereka yang tidak menyukai rasa pahit pare mengkonsumsi tanaman ini dengan cara diseduh sebagai teh.
5.      Herbal Sinshe Kayu Manis
Kayu manis adalah tanaman rempah-rempah beraroma yang juga merupakan salah satu bumbu makanan tertua di dunia. Manfaat kayu manis sebagai obat tradisional adalah untuk mengobati :
a.       Kolesterol tinggi
b.      Gula darah tinggi, sehingga ampuh mengobati kencing manis atau diabetes.
c.       Flu
d.      Nyeri haid
e.       Mencegah dan mengobati kanker
f.       Rematik
g.      Penyakit jantung
h.      Serta berkhasiat sebagai anti-bakteri
6.      Herbal Sinshe Jahe
Jahe adalah tanaman rempah serbaguan yang bisa dijadikan bahan minuman, bumbu masakan, dan bahkan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Jahe mengandung vitamin A, C, E, B Kompleks, magnesium, fosfor, kalium, silicon, zat besi, seng, kalsium, dan beta-karoten. Kandungan tersebut membuat jahe berkhasiat untuk :
a.       Mengobati diabetes atau kencing manis, karena mampu mengontrol gula dalam darah.
b.      Mengatasi sakit perut dan kembung.
c.       Meningkatkan kesehatan jantung.
d.      Mencegah demam karena flu
e.       Mencegah penyakit kanker
f.       Mengurangi nyeri haid
g.      Mengobati nyeri
h.      Mengatasi migraine
i.        Meredakan batuk.
7.      Herbal Sinshe Tapak Liman
Tapak liman adalah tanaman yang secara alami dikenal ampuh mengatasi anemia. Tumbuhan obat ini kaya akan saponin, flavonoid, dan polifenol. Akar dan daun tapak liman juga terbukti mengandung banyak zat besi.
8.      Herbal Sinshe Lempuyang Wangi
Lempuyang wangi sangat manjur mengobati aanemia atau kurang darah. Bagian lempuyang wangi yang dikenal paling berkhasiat adalah rimpangnya. Rimpang lempunyang wangi berbau sedap dan berasa sangat pahit. Namun dibalik pahitnya rimpang itu dapat digunakan sebagai obat asma, merangsang nafsu makan, merangsang membrane mukosa lambung, mengurangi rasa nyeri, membersihkan darah, meredakan kejang, mengobati penyakit empedu, mengobati penyakit kuning, mengobati radang sendi, batuk rejan, kolera, anemia, malaria, penyakit syaraf, nyeri perut, cacingan dan masuk angin.
9.      Herbal Sinshe Daun Salam
Daun salam adalah nama tanaman obat seklaigus bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk penyedap dan pengharum masakan. Selain digunakan sebagai bumbu masak, daun salam juga kerap digunakan sebagai obat obat tradisional. Beberapa penyakit bisa disembuhkan dengan daun salam, mulai dari diare, maag, kencing manis, asam urat, darah tinggi dan kolesterol tinggi.
10.  Herbal Sinshe Mengkudu
Buah mengkudu atau buah pace adalah buah yang memiliki banyak khasiat dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sejak zaman dahulu, Mengkudu digunakan sebagai obat, mulai dari buah, daun, batang, hingga akarnya. Kandungan buah mengkudu antara lain vitamin, mineral, dan protein penting. Penyakit yang dapat disembuhkan dengan buah mengkudu antara lain:  hepatitis, hipertensi atau tekanan darah tinggi, batuk, diabetes, radang tenggorokan, encok, pegal linu, diare, masuk angin.


2.3       Keunggulan Pengobatan Sinshe
Memilih obat tidak boleh sembarangan. Salah-salah, bukannya menjadi sembuh penyakit anda malah semakin parah. Obat yang ideal tidak hanya manjur, tetapi juga aman. Faktor aman ini dapat dicapai dengan mengkonsumsi obat herbal, seperti herbal sinshe yang di proses dari bahan-bahan alami pilihan.
Selain berbahan alami, pengobatan sinshe fengshui masih banyak keunggulan yang membedakannya dari metode pengobatan herbal pada umumnya. Keunggulan metode pengobatan sinshe fengshui antara lain:
1.      Aman
Dalam pengobatan sinshe fengshui, semua jenis obst herbal merupakan racikan tradisional yang tidak mengandung bahan berbahaya, sehingga benar-benar aman dikonsumsi sebagai penyembuh.Herbal Sinshe tidak tersentuh senyawa kimia apapun.
2.      Halal
Semua orang berhak sembuh dan hidup sehat. Karena itu sangat penting untuk mneyediakan obat herbal Pengobatan sinshe fengshui yang bisa digunakan oleh semua kalangan.
3.      Alami
Disebur herbal sinshe karena karya pengobatan sinshe merupakan obat herbal alami. Semua bahan dipilah, dipilih dan diproses menurut tata cara tertentu utnuk memastikan khasiat bahan tetap terjaga.
4.      Bahan pilihan
Semua tanaman obat yang digunakan sebagai ramuan dalam pengobatan sinshe fengshui bukan tanaman obat sembarangan. Melainkan tanaman obat pilihan yang dipilah dan dipilih dengan sedemikian rupa, mulai dari kualitas, kuantitas, usia hingga tempat tumbuhnya tanaman tersebut. Semuanya harus sesuai dengan pedoman dan resep pengobatan sinshe fengshui. Karena itu disini kami menyebut bahan-bahan tersebut sebagai Herbal sinshe sambiloto, herbal sinshe tapak dara, herbal sinshe temulawak dan seterusnya.

5.      Praktis
Semakin hari pengobatan tradisional semakin jarang menjadi rujukan, bukan karena kurang manjur tetapi karena terlalu ribet. Tidak demikian halnya dengan pengobatan sinshe fengshui. Anda tidak perlu susah payah merebus obat sendiri dan memeinum jamu rebusan yang sangat pahit. Karena obat sinshe dikemas dalam bentuk kapsul siap minum.
6.      Higienis dan modern
Meski berbasis pengobatan herbal tradisional, semua sarana pengobatan dalam pengobatan sinshe fengshui telah melalui proses pengolahan yang modern dan higienis. Hali ini sangat diperhatikan demi menjamin kualitas obat herbal yang bersangkutan.
7.      Racikan khusus
Satu racikan belum tentu cocok untuk dua orang, apalagi lebih. Meski penyakit yang diderita keduanya sama persis. Karena itu tiap-tiap herbal sinshe perlu disesesuaikan dengan keseimbangan lima unsure sis penderita. Temulawak, sirih dan asam jawa memang sama-sama ampuh membasmi kolesterol, tetapi tidak semua orang cocok dengan ketiga bahan tersebut. Dilihat dari unsure kelahirannya, ada yang lebih cocok menggunakan racikan temulawak, ada pula yang lebih cepat sembuh dengan racikan asam jawa.
8.      Pengisian energy penyembuhan
Inilah yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang ahli pengobatan. Semua obat herbal sinshe yang dipesan selalu melewati proses penyelarasan energy sebelum dikirimkan. Sehingga khasiat penyembuhan alami yang dimiliki tiap-tiap jenis obat herbal bisa menyatu dengan tubuh yang hendak meminum obat tersebut. Karena itulah, penting bagi seseorang yang akan melakukan pengobatan sinshe yaitu dengan menyebutkan nama lengkap dan tanggal lahir ketika melakukan pemesanan.


BAB III
PENUTUP
Pengobatan sinshe fengshui adalah metode pengobatan yang memadukan obat obatan herbal berkhasiat tinggi dengan resep pengobatan Cina Kuno yang telah berusia ribuan tahun dan pedoman fengshui yang menyeimbangkan lima unsure alam ( kayu,api, tanah, logam, air).
Macam-macam obat herbal Sinshe :
a.       Herbal Sinshe Aromaterapi
b.      Herbal Sinshe Sambiloto
c.       Herbal Sinshe Lidah Buaya
d.      Herbal Sinshe Pare
e.       Herbal Sinshe Kayu Manis
f.       Herbal Sinshe Jahe
g.      Herbal Sinshe Tapak Liman
h.      Herbal Sinshe Lempuyang Wangi
i.        Herbal Sinshe Daun Salam
j.        Herbal Sinshe Mengkudu
Keunggulan pengobatan herbal sinshe :
a.       Aman
b.      Halal
c.       Alami
d.      Bahan pilihan
e.       Praktis
f.       Higienis dan modern
g.      Racikan khusus
h.      Pengisian energy penyembuhan


DAFTAR PUSTAKA
http://www.pengobatansinshe.com
http://www.infokursus.net/download/kbkSinShe.pdf
http://www.indosiar.com/ragam/pengobatan-sinshe-atas-dasar-kepercayaan_21291.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar